Pearl Campbell


Pearl Campbell??? Apa pula itu?
by Andi Nursaiful/berbagai sumber

Dalam belantara artikel mengenai hamster di internet, saya menemukan sebuah tulisan yang ditulis oleh Tina Bolton, seorang juri internasional pada berbagai kontes hamster. Selain berpengalaman dalam hal penjurian, Tina sejatinya adalah seorang geneticist, atau ahli ilmu genetika. So, pendapatnya tak perlu diragukan lagi.

Tulisan di bawah ini mengutip pandangan Tina BOlton mengenai hamster Platinum Campbell dan Pearl Campbell. Dua varian campbell ini rasanya masih cukup asing bagi telinga kebanyakan penggemar dan pemain hamster di Indonesia. Pearl, misalnya, dikenal merupakan salah satu varian dalam spesies Winter White. Lantas kenapa ada Pearl Campbell???

Tetapi sebelum sampai di sana, kita bahas dulu apa itu hamster platinum. Satu kata kunci yang harus selalu diingat, platinum adalah sebuah warna. Sama dengan putih, hitam, merah, biru, dst. Dalam berbagai kamus, Platinum disebutkan sebagai warna greyish white atau putih keabu-abuan.

Dalam dunia hamster, platinum campbell memiliki warna agouti muda/terang namun agak kusam. Mengutip Tina BOlton, Platinum itu adalah washed-out natural agouti, atau agouti yang digosok sampai luntur. Singkatnya, platinum adalah warna agouti muda atau terang, atau lebih berwarna putih abu-abuan. Warna ini ada di alam.

Campbell platinum bisa (dan umumnya) membawa gen diluted, sehingga muncul sebutan diluted platinum campbell. Warnanya lebih terang atau lebih muda lagi ketimbang warna platinum yang murni, namun penampakannya seperti berjerawat. Ada pula ektrem diluted  platinum yang sudah menyerupai black-eyed white, meskipun biasanya tetap memiliki sedikit warna di kuping. 

Biar tidak membingungkan, perlu diingat pula bahwa istilah dilute sebetulnya bukan sebutan gen warna. Dilute bisanya melekat dengan kata "gene" sehingga sering dituliskan "diluted gene" atau "Dilution Gene". Jika hamster membawa gen diluted, maka gen itu akan membuat gen warna asli hamster tersebut menjadi lebih terang atau lebih muda.

Oleh sebab itu, muncullah sebutan diluted Normal, diluted Argente, dan seterusnya. Jadi, sesungguhnya tidak dikenal istilah dilute campbell (yang biasanya oleh awam dicirikan dengan penampakan putih polos mata hitam). Ini berbeda dengan albino yang memang ada dan bersumber dari alam.

Jika Anda menemukan hamster putih polos ektrem dengan mata hitam, sesungguhnya tetap ada sedikit noda warna lain, meskipun hanya setitik dan tersamar. Bisa saja dia adalah ekstrem dilute platinum, ekstrem dilute normal/agouti, atau bahkan ekstrem dilute opal platinum. Untuk membuktikan bahwa hamster tersebut sebetulnya memiliki warna lain, coba silangkan dengan hamster lain yang berwarna, maka Anda akan menemukan warna aslinya.

Mari kembali ke pokok soal seputar campbell platinum. Jika hamster yang membawa gen diluted dikawinkan dengan campbell platinum, maka mereka menghasilkan apa yang dikenal dengan sebutan Black Eyed Whites (BEW) dan Pink/Red Eyed Whites (REW/PEW). Warnanya putih polos dengan mata hitam atau mata merah, namun ada sedikit warna atau noda di kuping. Misalnya, jika dilute argente dikawinkan dengan platinum, maka akan muncul REW atau PEW. Ingat, Red Eyed White berbeda dengan Albino, karena Albino adalah warna alam, bukan hasil silangan. Jadi Dilute Platinum sama degan BEW atau REW, tergantung wrna matanya. (??) 

Sekarang mari membahas apa yang disebut dengan Pearl Campbell. Harus dicatat, Pearl dalam konteks spesies campbell adalah sebuah corak, bukan warna. Platinum adalah warna (agouti muda/terang/kusam), sedangkan Pearl adalah jenis pattern/marking (pola atau corak), bukan jenis warna.

Menurut Tina Bolton, pola/corak Pearl adalah corak warna lebih gelap yang merata di atas warna putih pada tubuh seekor hamster campbell. umumnya di bagian punggung. Biasanya, bagian punggung lebih muda atau terang (bahkan nyaris putih), sementara di sisi kiri kanan masih tersisa warna asli yang juga lebih muda. Jadi bisa muncul argente pearl, opal pearl, dove pearl, black pearl, platinum pearl, dan dilute Platinum Pearl. Yang kerap membingungkan adalah, sebagian orang sulit membedakan antara: true platinum atau platinum murni, dilute platinum, platinum pearl, dan extreme dilute platinum.

Dilute Platinum Pearl, berarti dilute platinum yang memiliki bulu lebih gelap yang menyelimuti warna bulu agouti muda keabu-abuan. Dilute platinum pearl ini menyerupai atau hampir mirip dilute platinum. Bedanya jika dilute platinum tampak seperti berjerawat (blotchy), maka Dilute platinum pearl tampak memiliki bulu yang lebih gelap dan merata di atas bulu yang lebih berwarna muda.

Kesimpulan yang ditarik oleh Tina bagi kita semua sebelum terburu-buru memberi nama warna dan corak pada seekor hamster, sebaiknya pastikan Anda bisa membedakan antara warna (color) dan corak (marking/pattern). Jika tidak, maka Anda akan sulit mengidentifikasi mana yang (berwarna) "platinum", dan mana yang (bercorak) "pearl".

Tidak ada komentar: