Proses pemurnian gen warna (Tanpa Back Crossing)


Proses pemurnian gen warna (Tanpa Back Crossing)
By: HFG-Friends

 Berhubung dari penampakan warna fisik seekor hamster (fenotip) kita nyaris tidak mungkin bisa mengindentifikasi bawaan gen (carier) yang tersembunyi dalam geneotipnya, maka proses pemurnian hrs melalui tahapan sistemik, dengan memperhitungkan semua kemungkinan/probabilitas yang ada.

 Gen: Black

Probabilitas bawaan gen Black:

1. aaCc
2. aaDd
3. aaPp
4. aaCcDd
5. aaCcPp
6. aaDdPp
7. aaCcDdPp

Probabilitas percampuran black dgn bawaan gen-gen tersebut:

1. aaCc x aaCc
2. aaCc x aaDd
3. aaCc x aaPp
4. aaCc x aaCcDd
5. aaCc x aaCcPp
6. aaCc x aaDdPp
7. aaCc x aaCcDdPp

8. aaDd x aaDd
9. aaDd x aaPp
10.aaDd x aaCcDd
11.aaDd x aaCcPp
12.aaDd x aaDdPp
13.aaDd x aaCcDdPp

14.aaPp x aaPp
15.aaPp x aaCcDd
16.aaPp x aaCcPp
17.aaPp x aaDdPp
18.aaPp x aaCcDdPp

19.aaCcDd x aaCcDd
20.aaCcDd x aaCcPp
21.aaCcDd x aaDdPp
22.aaCcDd x aaCcDdPp

23.aaCcPp x aaCcPp
24.aaCcPp x aaDdPp
25.aaCcPp x aaCcDdPp

26.aaDdPp x aaDdPp
27.aaDdPp x aaCcDdPp

28.aaCcDdPp x aaCcDdPp


Berarti ada 28 kemungkinan percampuran black dengan bawaan gen-gen bersangkutan. Dengan
demikian, untuk memastikan proses permurnian gen berjalan dengan sempurna, maka dibutuhkan 28 kali atau 28 pengujian.
 
1. Pengujian F0 Probabilitas 1    = aaCc x aaCc
                                                Gamet = aC, ac x aC, ac   

Tabel Punnet

             aC           ac
aC      aaCC      aaCc
 ac      aaCc      aacc

 Hasil f1
- ada 2 penampakan fenotip : Black dan albino
- ada 3 kemungkinan genotip: aaCC (black), aaCc (black carier albino), aacc (albino)

Berdasarkan genotip yg diperoleh di F1, maka probabilitas pengujian F1:

A. aaCC x aaCC
B. aaCC x aaCc
C. aaCC x aacc
D. aaCc x aacc


A. Pengujian F1 probabilitas 1 = (aaCC x aaCC)
                                           Gamet   = aC x aC

            aC      
aC      aaCC     

 Hasil F2 Probabilitas 1
- ada 1 penampakan fenotip : Black
- ada 1 kemungkinan genotip: aaCC (Black)

Sampai di tahap ini, sudah diperoleh gen warna Black murni. Namun ada kemungkinan yg terjadi adalah perkawinan probabilitas 2.

B. Pengujian F1 probabilitas 2 = (aaCC x aaCc)
                                             Gamet = aC  x aC, ac

Tabel Punnet

              aC      ac
aC      aaCC    aaCc

 Hasil F2 Probabilitas 2
- ada 1 penampakan fenotip : Black
- ada 2 kemungkinan genotip: aaCC (Black) dan aaCc (black carier Albino)

Sampai tahap ini belum bisa dipastikan mana black dgn gen warna murni. OLeh sebab itu, perlu diteruskan dengan pengujian selanjutnya di F2, dengan probabilitas:

B.1  aaCC x aaCC
B.2  aaCC x aaCc
B.3  aaCc x aaCc

B.1 Pengujian F2 probabilitas  = aaCC x aaCC
                                             Gamet = aC x aC

Tabel Punnet

            aC      
aC      aaCC     

 Hasil F3 Probabilitas 2
 - ada 1 penampakan fenotip : Black
- ada 1 kemungkinan genotip: aaCC (Black)

Sampai di tahap ini, sudah diperoleh gen warna Black murni. Namun kembali ada kemungkinan yg terjadi adalah perkawinan probabilitas B.2:

 B.2 Pengujian F3 probabilitas = aaCC x aaCc
                                            Gamet = aC   x aC, ac 

Tabel Punnet

              aC      ac
aC      aaCC    aaCc

 Hasil F4 Probabilitas B.2
- ada 1 penampakan fenotip : Black
- ada 2 kemungkinan genotip: aaCC (Black) dan aaCc (black carier Albino)

 Sampai tahap ini kembali belum bisa dipastikan mana black dgn gen warna murni. OLeh sebab itu, perlu diteruskan dengan pengujian selanjutnya di F4, dengan probabilitas:

B.1.a  aaCC x aaCC
B.1.b  aaCC x aaCc
B.1.c  aaCc x aaCc

Jika pemilihan pasangan tepat (keberuntungan), yaitu probabilitas B.1.a, maka langsung akan diperoleh gen warna black murni. Jika ternyata pemilihan perobabilitasnya adalah B.1.b (aaCC x aaCc), maka ini sudah dilewati pada F1 probabilitas 2 (aaCC x aaCc).

Seandainya pilihan probabilitasnya pada B.1.c  (aaCc x aaCc), maka kejadian berikutnya sbb:

B.1.c   Pengujian F4 probabilitas B.1.c  = aaCc x aaCc
                                                           gamet  = aC, ac x aC, ac

Tabel Punnet

              aC      ac
aC      aaCC    aaCc
ac      aaCc     aacc
 

Hasil F5 probabilitas B.1.c 
- ada 2 penampakan fenotip : Black dan Albino
- ada 3 kemungkinan genotip: aaCC (Black), aaCc (black carier Albino),dan aacc (albino)

Sampai di sini (F5), kita terpaksa kembali pada situasi seperti di F1, sehingga kembali harus mengulang proses yang pernah dilalui. JIka beruntung dalam pemilihan probabilitas, maka kita sudah bisa memperoleh gen black murni, seperti situasi pada F1 tadi.

Sampai di sini kita tidak perlu lelah dan frustasi (akibat seolah-olah berputar-putar di tempat). Paling tidak, satu hal positif yang diperoleh adalah black yang kita punya hanya membawa/carier satu gen, yakni albino.

Jika pada hasil perkawinan inbreed-inbreed berikutnya (F6, F7, F8, dst) hanya muncul black, maka bisa dipastikan bahwa penampakan fisik black itu murni hanya membawa satu pasang gen black (aa). 


Selanjutnya, kita menyusun kemungkinan-kemungkinan yang akan muncul seandaianya black
 pada F0 yang kita punya, ada di probabilitas 2 (aaCc x aaDd).


2. Pengujian F0 Probabilitas 2   = aaCc x aaDd
                                             Gamet   = aC, ac x aD, ad

Tabel Punnet

              aD       ad
aC      aaCD     aaCd
ac       aacD     aacd

Hasil F1 Probabilitas 2  
- ada 1 penampakan fenotip : Black
- ada 4 kemungkinan genotip: aaCD (black), aaCd (black carier Opal), aacD (Black carier
                                                Albino), dan aacd (Black carier albino dan opal).

Berdasarkan genotip yg diperoleh di F1, maka probabilitas pengujian F1:

A. aaCD x aaCD
B. aaCD x aaCd
C. aaCD x aacD
D. aaCD x aacd
E. aaCd x aacD
F. aaCd x aacd
G. aacD x aacd
H. aacd x aacd


dst.....................

Tidak ada komentar: